Banyaknya Jumlah Laga Uji Coba Arema

Arema Cronus Masih Gunakan Tiket Manual

Molornya Indonesia Super League (ISL) 2015 membawa konsekuensi pada program tim. Terutama ujicoba, yang dianggap program paling pas untuk menjaga kondisi fisik dan performa pemain, dipastikan jumlahnya terus membengkak.

Arema Cronus yang getol menggelar ujicoba, bahkan hampir setara dengan jumlah pertandingan putaran pertama ISL. Dengan jumlah kontestan 18 tim, satu putaran ISL mempertandingan 17 laga. Jumlah ujicoba Arema bisa menyamai angka itu.

Sampai saat ini, tim berjuluk Singo Edan sudah mempertandingan setidaknya 16 ujicoba dan laga turnamen selama pramusim. Pada Desember 2014, ada empat laga ujicoba, yakni lawan PS UMM, Malang Selection, UiTM FC, serta laga seremoni pernikahan Samsul Arif di Bojonegoro.

Pada Januari 2015, ada delapan pertandingan, rinciannya satu ujicoba lawan tim lokal saat pemusatan latihan di Batu, dua laga di Trofeo Persija, serta lima pertandingan di SCM Cup 2015. Memasuki Februari 2015, tim arahan Suharno itu melahap empat ujicoba.

Setelah menuntaskan final Inter Island Cup 2015 awal Februari, Arema melakukan ujicoba tertutup lawan Metro FC, meladeni Persepam Madura Utama bertepatan dengan perkenalan tim, serta melakoni sebuah laga berformat trofeo menghadapi tim junior.

Data itu menunjukkan sudah ada 16 laga pramusim. Jika kompetisi benar molor sampai April, maka dipastikan jumlah pertandingan ujicoba akan terus bertambah. Jika asumsinya tiap pekan ada ujicoba, maka bakal ada 4-5 ujicoba lagi dan sudah melebihi jumlah laga putaran pertama.

“Itu sudah menjadi konsekuensi. Sebenarnya Arema sudah cukup dengan ujicoba selama ini, karena patokannya kick-off ISL pada 21 Februari. Tapi karena ISL kembali mundur, ya berarti jumlah ujicoba akan bertambah. Hanya dengan cara itu tim bisa stabil kondisi fisik dan tekniknya,” jelas Joko Susilo, Asisten Pelatih Arema Cronus.

Joko mengakui pihaknya akan kembali memikirkan beberapa program ujicoba, walau belum dipastikan jumlahnya. “Sambil menunggu kabar kapan ISL jadinya digelar. Sehingga belum bisa dipastikan berapa kali Arema harus ujicoba lagi,” tambahnya.

Walau digelar ujicoba sesering mungkin, dia mengakui nuansanya tidak sama dengan pertandingan sesungguhnya di liga. Antusiasme pemain jelas berbeda dan itu yang menjadi perhatian pelatih agar pemain tidak bosan. (okezone)