The Jakmania Dukung Akuisisi Saham Persija

Richard Achmad Supriyanto

Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad Supriyanto mendukung rencana akuisisi 20 persen saham Persija Jakarta yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

“Kami mendorong rencana itu agar bisa menunjang finansial manajemen Persija. Sehingga bisa mewujudkan target menjadi juara di Liga Super Indonesia,” kata Richard kepada Harian Super Ball.

Bahkan Richard menjadi bagian dari mediator pertemuan antara manajemen Persija dengan pihak Pemprov DKI Jakarta. “Rencananya pada Jumat (6/2/2015),saya bersama manajemen Persija bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Sekda Pemprov DKI Jakarta, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta untuk membicarakan akuisisi itu. Namun pertemuan batal dan akan digelar Rabu (11/2/2015), karena Pak Gubernur sedang dinas ke Batam,” jelas Richard.

Menurut Richard pada pertemuan akan dibicarakan realisasi akuisisi dan sarana serta prasarana penunjang bagi Persija. “Pada pertemuan informal sebelumnya, sudah dibicarakan terkait rencana pembangunan stadion untuk Persija dan renovasi Lapangan Banteng untuk dijadikan tempat pembinaan usia dini,” terang Richard.

Richard menambahkan, Pemprov DKI Jakarta berencana akan menggunakan taman Ria Rio untuk menjadi lokasi sementara untuk latihan Macan Kemayoran.”Pemprov DKI Jakarta belum bisa menggunakan Stadion BMW, karena sedang membereskan soal sengketa di sana. Masalah sarana memang perlu dibicarakan agar Persija tidak keesulitan latihan dan menggelar laga home,” imbuh Richard.

Seperti diketahui sebelumnya santer terdengar bahwa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok ingin mengakuisisi Persija tapi hingga saat ini juga belum ada kejelasan.

Di sisi lain, Sekda DKI Jakarta, Saefullah sekaligus pembina Persija juga telah menyatakan bahwa Pemda sudah menyiapkan salah satu BUMD untuk mengelola Persija. Rencananya, Pemprov DKI bakal mengambil seperempat saham terlebih dahulu untuk melihat progresif.

“Menurut saya, rencana pembelian saham Persija akan membantu finansial manajemen,karena saat ini tidak mudah mendapatkan sponsor. Dengan demikian ke depannya Persija bisa menjalani kompetisi dengan maksimal tanpa adanya gangguan masalah keuangan,” tutur Richard.

Selain itu, papar Richard, rencana akuisisi itu sesuai dengan rencana manajemen Persija yang akan menjadikan Persija menjadi perusahaan terbuka atau. Tbk. Sehingga siapa pun bisa membeli saham Persija.

“Rencananya dalam dua tahun ke depan PT Persija Jaya Jakarta akan berubah diri menjadi perusahaan terbuka. The Jakmania juga berencana akan ambil bagian dengan membeli 1-2 persen saham Persija. Sehingga kami bisa turut membantu perkembangan Persija di masa mendatang,” papar Richard. (Tribunnews)