Persebaya 1-0 Persela, Bajul Ijo Raih Juara Ketiga SCM Cup

Persebaya 1-0 Persela

Persebaya meraih peringkat ketiga Surya Citra Media (SCM) Cup 2015. Tim Bajul Ijo mengalahkan Persela Lamongan lewat kemenangan tipis 1-0 di babak perebutan tempat ketiga. Gol tunggal kemenangan Persebaya pada pertandingan ini dicetak penalti oleh Octavia Dutra pada menit 110. Pertandingan harus diselesaikan hingga babak tambahan waktu setelah kedua kesebelasan bermain imbang 0-0 pada waktu normal.

 

Pada babak normal 90 menit sebelumnya, Choirul Huda menjadi benteng tangguh Persela dengan mampu mengantisipasi peluang Persebaya. Aksinya membuat berjalan tetap imbang 0-0 hingga babak kedua berakhir.

Dalam laga ini, Persela mengandalkan 11 pemain terbaiknya sejak menit pertama. Sementara di kubu Persebaya terjadi pemandangan yang sedikit berbeda. Tim Bajul Ijo menyimpan Evan Dimas, Jendri Pitoy, dan Ilham Udin di bangku cadangan.

Persebaya langsung menekan pertahanan Persela pada menit 12 ketika tendangan Fandi Eko Utomo nyaris membahayakan gawang Choirul Huda. Beruntung tendangan gelandang serang Persebaya mudah saja bagi Huda. Agung Supriyanto kembali membahayakan Huda dengan peluangnya. Sayang Percobaannya pada menit 18 masih bisa diantisipasi kiper kawakan tersebut.

Sementara Persela mendapat dua peluang yakni dari Bijahil Chalwa dan Balsa Bonzovic. Namun kedua peluang tersebut masih belum menggetarkan gawang Heri Prasetyo yang kali ini menggantikan Pitoy.

Sepanjang babak pertama, bomber kedua kesebelasan tak berbuat banyak baik itu duet Persela yakni Pedro Javier dan Bijahil Chalwa tak banyak memberikan kontribusi akibat penjagaan ketat pemain bertahan Persebaya. Begitu juga dengan Persebaya, skor imbang 0-0 menutup jalannya babak pertama.

Jalannya pertandingan di babak kedua semakin memanas terlebih Persela unggul jumlah pemain. Pada babak ini, Persela tampil dominan dan bertumpu pada pergerakan Balsa Bonzovic dalam melakukan serangan.

Pertandingan babak kedua berjalan sembilan menit, Persela mendapat peluang. Rizky Mirzamah mencoba peruntungannya melalui tembakan kaki kanan dari kotak penalti. Namun, arah bola tepat dipelukkan Heri Prasetyo.

Evan Dimas nyaris membuka keunggulan Persebaya di menit ke 59 lewat serangan balik. Namun tendangan mantan kapten timnas U-19 itu masih melebar. Selanjutnya percobaa Siswanto pada menit 66 juga masih diamankan Huda.

Kali ini Persela harus bermain dengan 10 orang setelah Rizky Mirzamah terkena kartu kuning kedua seusai melanggar Siswanto. Dengan ini pertandingan berjalan berimbang, kedua kesebelasan bermain 10 orang.

Sama-sama bermain 10 orang dimanfaatkan Persebaya untuk keluar tekanan. Evan Dimas yang sudah satu lawan satu gagal menembus gawang Huda. Peluang emasnya pada menit 79 masih ditepis Huda.

Kembali pada menit 83, Persebaya mendapat peluang yang terjadi didepan gawang Huda. Tendangan pemain Persebaya yang sudah tepat digaris gawang disapu oleh Eky Taufik. Hingga laga usai, skor imbang tanpa gol tetap tak berubah.

Hingga 90 menit waktu normal, tak ada gol tercipta. Pertandingan pun memasuki babak tambahan. Baru menit 110 akhirnya gol tercipta melalui titik penalti setelah sebelumnya Evan Dimas dilanggar oleh Mahyadi Pangabean dikotak penalti. Dutra yang menjadi algojo berhasil mengkecoh Choirul Huda. Tak ada tambahan gol tercipta hingga laga usai, Persebaya merebut tempat ketiga di SCM Cup. (sepakbola)

Susunan pemain:

Persela Lamongan: Choirul Huda; David Pagbe, Taufik Kasrun, Rizky Mirzamah, Mahyadi Panggabean; Jusmadi, Balsa Bozovic, Zainal Arifin, Arif Aryanto; Buahil Chalwa, Pedro Javier

Persebaya Surabaya: Heri Prasetyo; Putu Gede, Dani Saputra, Otavio Dutra, Yesaya Desnam; Asep Berlian, Roberto Alvis, Fandi Eko Utomo, Agung Supriyanto; Reza Mustofa, Feri Ariawan