Pemain ke Timnas, Persebaya Minta Kebijakan PSSI

Pemain ke Timnas, Persebaya Minta Kebijakan PSSI

Situasi tak menguntungkan kembali dihadapi sejumlah klub yang menyumbangkan sejumlah pemain ke timnas U-23. Sebab, tim polesan Aji Santoso itu bakal menjalani laga kualifikasi Piala AFC U-23 ketika kompetisi sudah mulai diputar.

Hal itu bisa mengganggu stabilitas sejumlah klub mengingat ada beberapa klub yang menyumbangkan lebih dari satu pemain ke timnas U-23. Sebut saja Persebaya.

Ada lima pemain klub berjulukan Bajul Ijo itu yang menghuni timnas U-23. Ada Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, Zainuri, Agung Supriyanto, dan Putu Gede Juniantara. Kelima pemain tersebut diproyeksikan tampil sebagai starter pada LSI 2015.

Persebaya berharap PSSI tidak memanggil kelima pemain itu secara bersamaan. Pasalnya, Persebaya membutuhkan tenaga mereka saat mengarungi kompetisi. “Mereka adalah pemain-pemain yang kami andalkan di posisinya,” tutur Rahmad Sumanjaya, Sekretaris Persebaya.

Bukan hanya itu, alasan lainnya Persebaya telah belajar dari musim lalu. Kala itu, Persebaya juga menyumbangkan banyak pemain ke timnas U-23. Alih-alih kembali ke klub dalam kondisi prima, pemain Persebaya yang membela timnas mengalami cedera.

Kekuatan Persebaya pun merosot karena kekurangan stok pemain yang sepadan. “Hal ini bukan alasan, karena ini fakta,” kata Rahmad.

Rahmad meminta PSSI membuat kebijakan soal kompetisi bagi sejumlah klub yang menyumbangkan lebih dari satu pemain untuk timnas U-23.

“Kalau bisa pertandingan dijadwal ulang atau bagaimana terserah PSSI dan PT LI. Kami berharap ada win-win solution untuk timnas maupun klub,” ujar Rahmad. (Bolanews)

Comments are closed.