Laga Persija Jakarta Versus Gamba Osaka Minim Penonton

Laga Persija Jakarta Versus Gamba Osaka Minim Penonton

Skuad Persija Jakarta melakoni salah satu laga pra-musim mereka kontra Gamba Osaka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (24/1) malam WIB. Namun melawan tim juara Liga Jepang tahun lalu itu, stadion tampak lengang.

Menurut pengamatan dari Sportsatu.com, pertandingan yang dihelat pukul 19.00 WIB itu justru lebih banyak ditonton oleh The Jak (suporter Persija). Terlihat hanya segelintir suporter pendukung Gamba Osaka dan mereka hanya berkumpul di satu titik untuk mendukung skuad besutan Kenta Hasegawa tersebut. Andai kedua suporter dikumpulkan menjadi satu, suasana stadion yang dibangun oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno itu masih tampak kosong.

Di tribun timur dan selatan menjadi tempat berkumpulnya The Jak, tak hanya berasal dari Jakarta saja namun mereka juga ada yang datang dari Ciledug, Depok dan Tangerang.

Namun itu tak berarti atmosfer dan yel-yel dari suporter dua tim menjadi loyo. The Jak terus bernyanyi berbagai lagu yang mengelu-elukan klub kebangaan mereka saat kedua kesebelasan melakukan pemanasan jelang pertandingan dimulai. Kedua skuad melakukan berbagai jenis pemanasan mulai dari kucing-kucingan, simulasi tendangan penalti bagi para kiper dan sekedar berlari di pinggir lapangan.

Tak mau kalah dengan The Jak, para suporter Gamba Osaka yang tergabung di organisasi Gamba Osaka Indonesia juga meneriakkan dukungan untuk Yasuhito Endo dkk. Hasilnya, suasanya stadion yang lengang pun tak sepi-sepi amat dan penonton pun merasa aman karena flare dan kembang api tidak ada yang dinyalakan. Diharapkan laga persahabatan antara Persija dan Gamba Osaka ini sendiri bisa menjaga kerja sama antara dua negara.