Baru Tiga Orang Lolos Seleksi Bursa Ketua Umum PSSI

Baru Tiga Orang Lolos Seleksi Bursa Ketua Umum PSSI

Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti lolos seleksi administratif bursa bakal calon ketua umum PSSI. Sebaliknya, ketua umum petahana Djohar Arifin Husein justru belum lolos administrasi.

“21 Januari kemarin pendaftaran bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif ditutup. Kami melihat semua persyaratan administratif, mengadakan pertemuan dengan (sekjen) sekretaris jenderal lihat semua syarat yang masuk.

“Bakal calon ketua umum ada 11 nama, wakil ketua umum 29 nama, dan exco 147 nama. Dari 11 nama itu baru tiga yang memenuhi syarat administrasi. Syarat itu adalah foto, SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), KTP, dan curriculum vitae. Dari situ baru ada tiga yang memenuhi syarat administrasi yaitu Bernhard Limbong, Subardi, dan La Nyalla,” kata anggota Komite Pemilihan Dhimam Abror di Jakarta, Kamis (22/1).

Sementara itu bakal calon wakil ketua umum yang lolos seleksi administrasi ada lima nama, lalu exco ada 12 nama.

Nama-nama yang belum melengkapi syarat administrasi diberikan kesempatan sampai 11 Februari. Seminggu kemudian, 18 Februari, diumumkan siapa saja yang maju sebagai calon ketum, waketum, dan exco.

“Misalnya Achsanul Qosasi itu misalnya kurang foto dan SKCK,” jelas Dhimam.

Jika ada yang merasa tidak puas, Komite Pemilihan memberikan kesempatan untuk mengajukan banding. Keputusan akhir sidang banding akan diambil pada 19 Maret. Setelah itu, pemilihan diadakan melalui kongres yang digelar 18 April.

Untuk maju dalam pemilihan, bakal calon harus memenuhi persyaratan usia minimal 30 tahun dan aktif di lingkup PSSI selama sedikitnya lima tahun.

Berikut ini nama 11 bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2015 – 2019:

1. Achsanul Qosasi
2. Bernhard Limbong
3. Tonny Aprilani
4. Erwin Dwi Budiawan
5. Subardi
6. Joko Driyono
7. La Nyalla Mahmud Mattalitti
8. Muhammad Zein
9. Djohar Arifin Husein
10. Sarman
11. Syarif Bastaman