Arema Belum Temukan Komposisi Terbaik

Arema Tetap Ingin Juara Grup B SCM Cup

Arema Cronus masih belum menemukan kerangka tim ideal untuk mengarungi Indonesia Super League (ISL) yang bakal digelar Februari, meski sudah melakoni sejumlah pertandingan pramusim dan serangkaian uji coba.

Pelatih Arema Suharno mengatakan sampai sekarang dirinya masih belum menemukan komposisi terbaik untuk mengisi posisi inti di tim Singo Edan.

“Saya rasa prosesnya memang masih untuk menentukan kerangka tim yang ideal, meski kita sudah bertanding di kompetisi pramusim yang salah satu tujuannya adalah melakukan evaluasi dan mencari komposisi tim yang ideal,” ujarnya di Malang, Jumat (23/1).

Namun demikian, lanjutnya, dengan komposisi pemain yang ada saat ini, tim pelatih tidak akan kesulitan untuk melakukan bongkar pasang pemain. Ini dikarenakan mereka memiliki banyak pilihan pemain. Bahkan, rotasi pemain sesuai kebutuhan pun juga berjalan dengan baik.

Adapun 26 pemain yang ada saat ini dinilai sudah cukup untuk mengarungi kompetisi musim 2015. Oleh karena itu, tim pelatih akan mengoptimalkan pemain yang ada.

Pada musim kompetisi 2015, komposisi pemain Arema tidak banyak berubah, hanya posisi pemain asing saja yang berubah total setelah hengkangnya Gustavo Lopez, Tierry Ghatuessi dan Alberto Goncalves. Namun, posisi ketiga pemain asing itu sudah digantikan oleh Fabiano Beltrame, Sengbah Kennedy dan Yao Ruddy, sedangan untuk pemain lokal, Arema hanya menambah Feri Aman Saragih, Suroso dan Ahmad Noviandani.

Untuk menemukan kerangka tim inti yang ideal dan mengasah skill individu pemain, Arema akan menggelar uji coba kembali dengan sejumlah tim usai tampil di SCM Cup dan final Inter Island Cup (IIC) 2014 menghadapi Persib Bandung.

Rencana uji coba tersebut dilatarbelakangi mundurnya jadwal kompetisi resmi ISL dan pelatih ingin menyiapkan tim lebih matang. Rencananya, laga uji coba akan digelar pada awal dan pertengahan Februari nanti.

Hanya saja, siapa yang bakal menjadi lawan dalam uji coba nanti, tim pelatih masih belum bisa memastikannya. “Dengan banyak menggelar uji coba akan berdampak positif bagi tim, termasuk membangun kebersamaan dan kekompakan tim,” tambah asisten pelatih Arema, Joko Susilo.

Sebelumnya Arema juga telah melaksanakan serangkaian uji coba. Pada Desember 2014, Arema melakoni empat laga uji coba yang dilanjutkan dengan pemusatan latihan (TC) di Kota Batu pada awal Januari 2015. (Berita Satu)