Gelandang Brasil Terbaik dalam Tes Fisik Persiba Balikpapan

Gelandang Brasil Terbaik dalam Tes Fisik Persiba Balikpapan

Pemain asal Brasil, Antonio Teles, memiliki kondisi fisik terbaik dari semua pemain Persiba Balikpapan yang menjalani tes fisik untuk persiapan menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015.

Pelatih Fisik Persiba, Budi Kurnia, kepada wartawan di Balikpapan, Rabu, menjelaskan Antonio Teles yang berposisi gelandang serang, memiliki VO2 Max atau kapasitas maksimum oksigen dalam tubuh hingga mencapai 58 saat menjalani tes fisik.

“Kondisi dia sangat bugar sekali. Kekuatan dan daya tahannya paling bagus di antara semua pemain. Itu masih bisa naik lagi hingga angka 60, seperti standar pemain-pemain Eropa dan Amerika Latin,” katanya.

Setelah Antonio Teles, ia menyebut nama gelandang lokal Hendrico Satriadi yang fisiknya bagus dengan VO2 Max sekitar 55, sesuai angka yang ditargetkan pelatih.

Sementara pemain lain kondisi fisiknya masih belum maksimal dan perlu program lanjutan untuk mencapai hasil yang diharapkan.

“Rata-rata VO2 Max anak-anak masih berada pada angka 48. Jadi, kami masih harus menggenjot lagi program latihan fisik,” tambah Budi Kurnia.

Dengan sisa waktu sekitar satu bulan menjelang kompetisi ISL bergulir, lanjut Kurnia, perlu usaha ekstra keras dari seluruh pemain untuk meningkatkan kondisi fisiknya. (Republika)