Persija Salah Satu Klub yang Terancam Tanpa Pemain Asing di ISL 2015

Persija Salah Satu Klub yang Terancam Tanpa Pemain Asing di ISL 2015

Klub-klub ISL seperti Persija Jakarta, Persebaya, PSM Makassar, Arema Cronus, PBR, Gresik United, kemungkinan tampil di ISL musim 2015 tanpa pemain asingnya. Itu akan terjadi jika sebelum bergulir ISL, utang yang harus diselesaikan melebihi kontribusi komersial.

Hal ini diketahui dari CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono. “Sebelum kick-off, Liga Indonesia membatasi bahwa utang mereka tidak boleh lebih dari kontribusi komersialnya. Kalau lebih, maka Liga Indonesia memutuskan tidak memberi izin penggunaan pemain asing,” kata Joko Driyono.

Seperti diketahui, keenam klub itu lolos namun dengan catatan. Mereka masuk dalam kategori tersebut karena memiliki catatan utang kepada pemain.

PBR, PSM, dan Persebaya punya utang dengan nilai signifikan. Sementara penyelesaian utang Persija dan Arema tanda tanya walau tak signifikan.

Keenam klub tersebut masuk kategori itu juga tak lepas dari proyeksi pembiayaan untuk ISL musim 2015.

“Utang terukur kaitannya dengan proyeksi pendapatan, termasuk dari Liga Indonesia. Pada 31 Januari, akan putus kontribusi komersial ke klub,” jelasnya.

“Kami mau melihat progresnya dan plan mereka selanjutnya seperti apa. Itu penting saat kami mengambil keputusan dalam rapat pleno Senin (19/1).”