Final Piala Wali Kota Padang: Persib Bertekad Kalahkan Persiba Balikpapan

Persib Bandung

Persib Bandung tak ingin jadi korban ketiga tim kuda hitam Persiba Balikpapan pada laga final turnamen Piala Wali Kota Padang 2015 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Kamis 8 Januari 2015.

Lolosnya Tim Beruang Madu ke final bisa dikatakan di luar perkiraan banyak pihak, yang lebih mengunggulkan tuan rumah Semen Padang dan Selangor FA. Dua klub tersebut sama-sama harus mengakui keunggulan Persiba lewat skor sama, 0-1.

“Persiba bisa dikatakan tampil mengejutkan di turnamen ini hingga berhasil ke final. Menyingkirkan tim sekelas Semen Padang dan Selangor tentu menunjukkan mereka lebih dari sekadar harus diwaspadai,” ungkap Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman.

Di mata Djanur, kolektivitas merupakan kekuatan utama Persiba. Hal itu menurut Djanur bisa menjadi ancaman buat Persib. “Secara materi pemain saya kira mereka tak memiliki pemain yang menonjol. Kekuatan mereka ada di kolektivitas, itu tentu jadi ancaman buat kami,” jelas Djanur.

“Tim seperti itu biasanya sulit dikalahkan. Jadi kami harus berpikir keras untuk mencari strategi dan taktik yang tepat untuk menghadapi mereka,” sambung pelatih berusia 56 tahun itu.

Di final nanti, Djanur mengungkapkan akan menurunkan komposisi pemain terbaik, termasuk kemungkinan memainkan penyerang seleksi asal Brasil, Maycon Calijuri. Mantan penyerang BATE Borisov itu, sejauh ini sebenarnya sudah cukup memuaskan hati Djanur berkat performanya di dua laga penyisihan Grup A.

“Ada peluang buat Maycon. Tapi saya ingin lihat lagi kualitasnya di pertandingan final. Lebih bagus kalau dia dapat pengawalan ketat dari lawan, dari situ kita bisa lihat seberapa mampu dan pintar dia lepas dari kawalan ketat,” ujar Djanur.

Di kubu lawan, Pelatih Eddy Simon sesumbar timnya akan kembali mementahkan prediksi banyak pihak. “Posisi kami tentu tidak diunggulkan dibandingkan Persib. Tapi kami siap menghadapi mereka. Situasi ini juga kami hadapi di dua pertandingan sebelumnya,” papar Eddy.